Cara Memulai Bisnis Online Dari Rp 0 – Rp 1 Milyar

6 Cara Agar Sukses Memulai Bisnis Online

Semua kesuksesan bisnis dimulai dari langka-langkah kecil, termasuk bisnis Online. Bagaimana cara memulai bisnis online yang benar? Banyak yang memulai bisnis online tidak mencapai keberhasilan setelah bertahun-tahun mencoba, disisi lain ada yang sangat berhasil dalam rentang waktu yang sama.

Maka mari kita bahas bagaimana cara memulai bisnis online yang akan berhasil atau dalam kata lain yang menghasilkan profit atau uang.

Baca : 8 Jenis Bisnis Online yang Mungkin Cocok Untuk Anda

Pembahasan ini akan saya dasarkan atas pengalaman saya bekerja dibisnis online selama hampir 10 tahun.

Selama 2 tahun pertama saya tidak menghasilkan apa-apa. Justru saya keluar uang banyak untuk invest di bisnis online ini. Baru pada tahun ke-3 saya mulai mendapatkan profit. Apa penyebabnya? Simak pembahasan saya berikut ini.

Nah pada artikel ini memang pembahasan saya akan lebih mengacu pada bisnis online yang memanfaatkan website atau blog untuk sarana promosi. Tentu juga akan berkaitan dengan iklan online dan SEO.

Tapi semua prinsipnya bisa diterapkan pada bisnis online jenis lainnya.

Mari mulai membahas cara memulai bisnis online anda yang pertama!

Baca juga bisnis online yang cocok untuk pelajar


1. Tentukan Jenis Bisnis Online Anda

Ini sangat krusial alias penting, alias mutlak dilakukan. Anda harus memilih anda ingin menjalankan jenis bisnis online yang mana?

Memangnya jenisnya apa saja?

Ada banyak. Mulai dari toko online, affiliate, blogger, vlogger, drop-ship,  freelance online, penyedia jasa online, penjual barang dan produk online, developer aplikasi, dan lain-lain.

Silakan baca artikel saya yang berjudul 8 Jenis Bisnis Online, untuk tau lebih dalam.

Pilihlah yang sesuai dengan kemampuan dan situasi anda.

Luangkan waktu untuk menimbang-nimbang jenis bisnis online yang akan anda pilih.

Jangan jadi KUTU LONCAT

Jika sudah anda pilih, pastikan anda tidak akan loncat ke jenis bisnis lain hanya karena tergiur melihat orang lain mendapatkan uang banyak dari jenis bisnis online lainnya.

INGAT. Kunci SUKSES dalam semua bisnis adalah presistensi dan konsistensi. Sebuah bisnis butuh waktu, kerja keras, dan proses untuk bisa menghasilkan. Anda boleh menjalankan jenis bisnis lainnya jika memang bisnis yang pertama sudah menghasilkan.

Hal ini adalah faktor pertama yang membuat saya tidak menghasilkan apa-apa selama 2 tahun pertama memulai bisnis online.

Saya lompat dari yang awalnya bisnis jual barang online ke bisnis affiliate lalu ke menjual jasa. Hasilnya? Tidak ada yang jalan.

Memang inilah kekurangan bisnis online menurut saya, karena relatif gampang untuk di mulai maka banyak yang coba ini dan coba itu. Tapi ujungnya gak jadi apa-apa.


2. Pastikan Bisnis Online anda ADA Pasarnya dan CUKUP Besar!

Salah satu dasar dari bisnis adalah menyediakan suplai untuk demand atau kebutuhan, entah itu produk fisik atau pun jasa.

Maka ketika anda memilih salah satu jenis bisnis online, pastikan ada kebutuhan atau demand pasar yang siap untuk suplai anda.

Sederhananya, pastikan ada pembeli untuk produk anda.

Itulah cara memulai bisnis online, bahkan itulah cara memulai bisnis apapun. Memastikan Demand & Supply!

Kenapa Penting Harus ADA pasar?

Yang mendatangkan uang adalah pembeli atau konsumen. Bagaimana mau dapat uang jika produk kita ternyata tidak ada peminatnya.

Sebagus apa pun barang jasa yang kita sediakan, jika tidak ada pembeli maka SAMA AJA BOHONG.

Kenapa harus CUKUP Besar!

Selain memastikan pasarnya ada, pastikan juga pasarnya CUKUP Besar. Kenapa?

Jika pasarnya terlampau KECIL maka akan sulit bagi bisnis online anda untuk berkembang karena jumlah konsumen baru terbatas.

Ini akan membuat bisnis mandeg atau begitu-begitu saja dari segi pemasukan atau keuntungan.

Jangan terlalu IDEALIST!

Gunakan akal sehat bukan perasaan.

Jika anda mendapati bahwa satu produk dan jasa tidak memiliki pasar yang cukup maka jangan berkeras untuk tetap menjalankan bisnis online dibidang itu.

Solusinya Apa? RISET!!!

Anda harus RISET market. Artinya menyelidiki jumlah dan karakter lain dari calon konsumen anda.

Caranya bagaimana?

Dalam dunia online kebanyakan pembeli atau calon konsumen akan mengawali proses membeli mereka dengan mengetik produk atau jasa yang mereka cari di Google.

Misalnya jika orang Bandung mau beli sepeda kemungkinan dia akan mengetik “jual sepeda di Bandung”. Jika orang Surabaya mau beli gorden mungkin akan mengetik “jual Gorden Surabaya” atau “jasa pemasangan gorden Surabaya”. Jika seseorang ingin membuat website kemungkinan dia akan mengetik “jasa pembuata website”.

Atau jika seseorang mencari informasi tentang cara masak ayam kecap kemungkinan dia akan mengetik “resep ayam kecap”. Begitu seterusnya.

Nah sekarang anda harus memeriksa apakah produk, jasa, atau informasi anda ADA pencarinya? Jika ada jumlahnya berapa?

Ada alat atau software yang bisa membantu kita meriset hal ini. Proses ini sering dikenal dengan istilah “Riset Keyword”.

Untuk pembahasan lebih detail mengenai RISET KEYWORD akan saya bahas di artikel ini:

Baca: Cara Riset Keyword

 


3. Pahami Cara Monetisasinya!

Bagian ini khususunya di peruntukan bagi anda yang mungkin betul-betul baru dalam Bisnis Online.

Istilah Monetisasi sendiri bisa berarti cara mengubah pengunjung ke media online anda seperti blog atau website menjadi uang.

Banyak yang bingung!

Banyak yang kebingungan bagaimana caranya mendapatkan uang dari bisnis online.

Jika anda sudah punya produk atau jasa spesifik, tentu cara menghasilkan uang adalah dengan mencari calon konsumen dan menjualnya kepada mereka entah lewat blog atau website.

Namun banyak juga yang ingin berbisnis online tapi tidak memiliki produk atau jasa yang bisa ditawarkan. Tapi mereka memiliki keterampillan tertentu seperti pintar masak, suka make-up, suka jalan-jalan, ahli kebugaran, pintar bermain alat musik dan lain-lain.

Nah bagaimana caranya “menguangkan” keterampilan atau keahlian seperti itu dalam bisnis online?

Salah satu cara yang paling populer adalah:

Lewat Blog & Google Adsense

Anda bisa menulis artikel yang berhubungan dengan keterampilan anda. Ini termasuk menulis tutorial, menjawab kesulitan, memecahkan masalah orang-orang yang juga berminat dengan keterampilan anda.

Jika anda pintar masak anda bisa menuliskan resep-resep masakan. Jika anda ahli kebugaran anda bisa menulis tips untuk sehat.

Setelah blog anda ramai pengunjung coba daftarkan blog ke Google Adsense. Setelah diterima maka Google akan menampilkan iklan di blog anda. Jika ada yang “klik” iklan tertentu anda akan dapat uang.

Semakin banyak artikel bagus akan mendatangkan semakin banyak pengunjung. Semakin banyak pengunjung berarti semakin banyak kemungkinan iklan di klik yang berarti semakin banyak penghasilan anda.

Selain blog dan Google Adsense ada beberapa cara lain untuk memonetisasi blog anda.

Akan saya bahas secara lebih spesifik di artikel lain. (Coming Soon)


4. Pahami Cara Promosi Bisnis Online

Setelah anda punya media online yang menawarkan jasa, produk, atau keterampilan anda baik berupa blog, website, atau bahkan akun media sosial, anda perlu paham cara mempromosikannya.

Punya website SAJA tidak menjamin anda sukses berbisnis online!

Website anda perlu di PROMOSIKAN.

Nah ada berbagai cara berpormosi di media online. Beberapa yang paling populer adalah:

1. Iklan Google Ads. Iklan akan tampil di mesin pencari Google di urutan top 3 untuk kata kunci yang anda target.

Contoh: Jika anda penjual sofa di Bali anda bisa beriklan di Google. Ketika calon konsumen mengetik “Jual Sofa di Bali” maka website anda akan ada di urutan teratas di halaman pertama.

2. Iklan Facebook & Instagram. Iklan akan tampil untuk demografi spesifik yang kita pilih.

Contoh: Jika anda penjual tas gaul, anda bisa membuat iklan penawaran tas anda muncul di halaman Facebook atau Instagram yang penggunanya adalah wanita berusia 20-25 tahun dan tinggal di Indonesia.

Ada banyak parameter iklan lain yang bisa anda pilih dan atur.

3. Google My Business. Dengan mendaftarkan usaha anda di Google My Bussines maka listing bisnis anda akan muncul secara lokal di mesin pencari dengan informasi lengkap seperti lokasi anda, foto barang yang dijual, jam buka dan tutup kantor anda, dan info lainnya.

4. SEO. Dengan menguasai teknik Search Engine Optimization atau SEO maka website anda bisa berada di halaman pertama Google tanpa membayar iklan.

Tidak semua produk cocok di iklankan di Facebook. Demikian juga tidak semua produk cocok di iklankan di Google Ads.

Mana cara promosi yang paling cocok untuk produk atau jasa anda? Akan saya bahas lebih spesifik di artikel ini. (Coming Soon)


5. Pastikan Semua Elemen Bisnis Online Sudah Disiapkan

Ini faktor kunci yang krusial. Pepatah mengatakan

Tidak membuat persiapan berarti membuat persiapan untuk GAGAL!

Dan ini sangat betul!

Apa maksudnya mempersiapkan semua elemen bisnis online? Berikut penjelasan yang akan saya jawab dengan pengalaman saya sendiri

Pengalaman Bisnis Online Pertama

Bisnis online pertama saya adalah membuat website yang menjual rumah kayu dan gazebo ke luar negri.

Pada saat itu saya punya teman seorang pengusaha rumah kayu dan gazebo di Bali, jadi rencana saya adalah bekerja sama dengan dia.

Saya dengan polosnya berpikir nanti akan ada klien yang order rumah kayu lalu saya tinggal kirim dan dapat komisi. BERES.

Apakah semudah itu? Tentu tidak Ferguso :-)))))

Ternyata banyak calon klien dari luar negri yang mulai menghubungi saya lewat website tersebut, namun tidak ada satupun yang membeli produk yang saya tawarkan.

Kenapa?

Ada yang tidak saya persiapkan dan antisipasi. Apa itu?

Untuk mengirim rumah kayu ke luar negri saya harus tau harga pegiriman cargo, harus tau ijin jenis apa yang harus saya cari, harus tau istilah-istilah dalam shipping seperti FOB, container 20 ft, 40ft, dan lain-lain.

Saya sama sekali tidak tau tentang hal-hal ini. Jadi ketika ada yang mau order rumah kayu dan minta penawaran lengkap saya bingung karena harus memperiapkan semua detail harga yang saya tidak tau.

Akhirnya bisnis saya tidak jalan. Konsumen ada tapi saya yang tidak siap.

Pelajarannya Apa?

Setiap jenis bisnis memiliki berbagai elemen yang dibutuhkan agar bisa berjalan. Jika mau bisnis kita lancar siapkan semua hal atau elemen yang di perlukan sejak awal.

Jangan setengah-setengah atau berpikir bisa sambil jalan.

Berikut saya beri beberapa contoh kasus supaya anda bisa lebih paham bahwa ada banyak hal yang perlu di siapkan untuk jenis bisnis online apa pun.

Contoh 1

Misalnya anda akan berbisnis online menjual tas kulit produksi sendiri lewat website atau toko online.

Nah apa saja yang perlu disiapkan SELAIN stok jaket kulitnya sendiri?

  • Branding. Anda perlu siapkan nama merek dan logo jaketnya. Jika dari awal anda jual produk tanpa merek anda rugi sendiri. Jika jaket anda bagus dan orang suka, mereka akan bingung untuk rekomendasi produk anda karena gak ada namanya.
  • Packaging. Ketika sampai ada yang order anda harus siap dangan packaging yang baik. Jangan sampai anda jual tas kulit premium tapi bungkusnya pake kertas koran. Jatuh harga diri TASnya coy hehe.
  • Pelajari cara kirim lewat ekspedisi. Cari tau carai hitung ongkos kirim tas anda untuk berbagai daerah. Jangan baru cek harga ketika sudah ada yang order. Kelamaan.
  • Kalo promosi lewat website pastikan website sudah SELESAI 100%. Jangan mulai iklan kalo website masih ada revisi sana sini. Nanti pengunjung males beli.
  • Siapkan sistem pembayaran yang jelas. Kalo pembayaran lewat transfer BANK siapkan no. rekening beberapa bank agar memudahkan calon konsumen membayar.
  • Dan lain-lain

Bisakah menangkap maksud dari contoh saya diatas?

Sebelum mulai bisnis online semua elemen pendukung bisnis anda harus sudah SIAP.


6. Kerjakan semua tahap dengan Sebaik & Seserius Mungkin – Alias Jangan Asal!

Bisnis online adalah bisnis REAL. NYATA. Bukan bisnis abal-abal.

Jadi perlakukan bisnis anda dengan serius.

Mulai dari pemilihan jenis bisnis, riset pasar, membuat website, beriklan dan seterusnya kerjakan dengan sepenuh hati.

Jangan berpikir satu langkah lebih penting dari langkah lainnya.

Jika anda mengerjakan satu saja langkah dengan ASAL akan berakibat buruk kepada bisnis anda dikemudian hari.

Ini pengalaman buruk saya mengerjakan satu langkah dengan ASAL atau SEKEDARNYA.

Pengalaman Bodoh Saya

Saya pernah membuat satu website untuk mempromosikan produk kesehatan secara online. Saya akan memonetisasinya lewat program affiliasi.

Jadi ada suatu perusahaan yang memiliki produk pemutih gigi dan jika ada yang membeli produk mereka lewat website saya, maka saya akan dapat komisi 35%.

Website saya mentarget kata kunci nama produknya. Katakanlah nama produknya adalah “Pasta Gigi Cling”.

Nah sebelum buat website saya mau pastikan bahwa keyword “Pasta Gigi Cling” ADA pencarinya. Maka saya gunakan salah satu software riset keyword langganan saya.

Ternyata pencari kata kunci “Pasta Gigi Cling” ada sekitar 720 orang perbulan. Mungkin bagi anda ini sedikit, tapi selama saya bergelut dalam dunia affiliasi, 720 orang perbulan adalah angka yang cukup untuk menghasilkan $200-$300 per bulan dari 1 website.

Produk ini adalah produk luar negeri, tepatnya Amerika Serikat (US).

Dengan semangat saya buat websitenya, saya tulis artiklenya, dan segera saya promosikan dengan teknik SEO.

Dalam bulan ke-2 website saya sudah merangking di halaman pertama, posisi ke-3 untuk keyword “Pasta Gigi Cling” di Google.com . TAPI ADA YANG ANEH!!!

Website saya tidak mendapatkan sedikit pun traffic atau pengunjung. Jika ada pun hanya 1 atau 2 pengunjung.

Website saya yang lain dengan jumlah pencari yang sama dan peringkat yang mirip bisa mendapatkan sekitar 50-100 pengunjung perhari.

SALAHNYA DIMANA?

Ternyata salah di langkah riset keyword!

Waktu saya riset, saya tidak terlalu serius memperhatikan bahwa ternyata jumlah pencari sebesar 720 orang kebanyakan berasal dari negeri SPANYOL. Bukan US.

Jadi karena saya merangking di Google.com (US/Global), bukanya Google Spanyol, maka saya tidak dapat pengunjung yang saya harapkan.

Karena website saya juga berbahasa inggris maka sulit untuk merangking di Google Spanyol yang notabene websitenya berbahasa Spanyol.

Maka sia-sialah saya bikin website, promosi lewat SEO, dan nulis artikel.

APA SEBAB? Karena tidak menjalankan langka-langkah bisnis online dengan SERIUS!!! Saya risetnya ASAL.

Jangan ikuti KESALAHAN saya guysss!!!


7. Rencanakan Bisnis Online Anda Untuk Jangka PANJANG!

Cara memulai bisnis online yang benar adalah dengan memandangya sebagai bisnis jangka panjang.

Membangun bisnis online dari awal sampai menghasilkan profit yang stabil tidaklah mudah. Itu sebabnya sebisa mungkin bisnis itu bertahan selama mungkin.

Ini beberapa cara untuk memastikan bisnis online adna bisa bertahan lama.

  • Jika menggunakan website sebagai sarana promosi utama pastikan menggunakan HOSTING TERBAIK. Jangan hosting murah abal-abal. Silakan baca hosting terbaik rekomendasi saya.
  • Jika tidak bisa sendiri, jangan segan-segan gunakan jasa design website agar tampilan website anda profesional. Memang harus ada dana yang keluar. Tapi namanya aja bisnis, pasti perlu modal bukan.
  • Pastikan review usaha anda BAGUS. Jika ada customer yang tidak puas dengan produk cari cara agar dia senang. Jika mungkin jangan ada review jelek di internet tentang produk dan pelayanan anda. Satu review jelek sangat berpengaruh, dan review jelek itu sulit dihilangkan.
  • Siap RUGI. Jika ada terjadi masalah dengan customer, sebisa mungkin mengalah. Kirimkan barang baru jika barangnya cacat. Tawarkan jasa tambahan jika customer kurang puas. Semua ini tentu dalam taraf yang masuk akal.

Saya yakin anda paham maksud saya.

Tiap bisnis online berbeda-beda cara menjalankanya. Anda sendiri sebagai pelakunya pasti lebih paham seluk beluk bisnis itu.

Pastikan anda “menjaga” bisnis anda agar bisa berjalan dan bertahan untuk jangka waktu yang LAMA.


8. Displin & Kreatif!

Banyak orang berpikir bisnis onine itu ENAK, tinggal ongkang-ongkang kaki depan laptop dapet DUIT.

FAKTANYA
Untuk membangun bisnis online sampai berhasil, umunya akan memakan lebih banyak waktu, tenaga, dan modal dari pada anda kerja kantoran.

Jika sudah memang enak bisa ongkan-ongkan kaki sambil koloran dirumah hehe.

DISIPLIN GUYS!

Untuk memulai bisnis online anda harus DISIPLIN.

  • Jadwalkan waktu mulai kerja meski anda kerja dari rumah!
  • Jangan tunda-tunda pekerjaan yang bisa segera dilakukan!
  • Jangan bangun siang karena tidak ada atasan yang memarahi!

Semakin adna DISIPLIN semakin cepat bisnis online anda berkembang.

Jika ada ilmu baru yang harus anda pelajari supaya bisa mulai bisnis onlie SEGERA PELAJARI.

  • Jika gak bisa bikin website, Belajar. Banyak tutorial gratisnya.
  • Jika gak tau cara setting domain dan hosting. BELAJAR!
  • Jika gak tau cara riset kata kunci BELAJAR!
  • Jika gak tau cara beriklan di Google atau Facebook BELAJAR!

Percaya atau tidak jika anda serius dan Disiplin mempelajari hal-hal diatas, tidak di butuhkan waktu bertahun-tahun untuk bisa menguasainya.

HARUS KREATIF!

Jangan tampil SAMA. Buat usaha anda sedikit berbeda dengan usaha sejenis yang lainnya.

Caranya Bagaimana? 

  • Kreatif dalam beriklan. Contoh. Jika anda punya produk “hiasan dinding” atau “wall art”, cobalah beriklan dengan menggunakan kata kunci lain selain “hiasan dinding”.
    Misalnya anda bisa mentarget kata kunci lain seperti hadiah pernikahan, hadiah unik, lukisan dinding, souvenir pernikahan dan menawarkan produk “hiasan dinding” kepada calon pembeli. Ingat, KREATIF!
  • Kreatif dalam menjual produk atau jasa. Misalnya anda bisa memberikan kupon diskon kepada pembeli anda. Kupon diskon ini bisa dipakai untuk pembelian berikutnya.
  • Kreatif dalam hal after sales. Setelah produk atau jasa sampai dan digunakan, tanyakan apakah mereka puas? Apa ada yang bisa dibantu lagi? Dengan begini pembeli merasa diperhatikan dan cendrung jadi repet customer atau bahkan merekomendasikan anda.

Itu hanya beberapa contoh anda bisa menjadi kreatif dalam menjalankan Bisnis Online anda.

INGAT. Kedepan, hanya bisnis yang KREATIF yang akan cendrung bertahan. Orang suka sesuatu yang BEDA.


9 . Don’t Put All Your Eggs In One Basket!

Artinya jangan taruh semua telor anda di satu keranjang.

Kenapa? Jatuh satu jatuh semua. AMBYARRRRR!!

Memang ketika mulai bisnis online pertama kali anda kemungkinan hanya memiliki satu “telor” atau satu jenis usaha.

Namun seraya bisnis berkembang besar kemungkinan anda akan membuat bisnis-bisnis lain yang mungkin masih berhubungan atau bahkan sama sekali berbeda.

Saya sendiri memiliki beberapa jenis bisnis dan website.

  • Saya punya usaha produksi interior. Promosinya lewat website.
  • Saya punya usaha jasa bikin gambar 3D Arsitektural. Promosinya juga lewat website.
  • Saya punya beberapa website affiliasi dan blog Google Adsense.

Jika diterapkan dalam urusan bisnis online bagaimana penerapannya?

  • Jangan gunakan 1 hosting untuk semua website anda. Jika hostingnya bermasalah maka semua website usaha anda bermasalah. Gunakan beberapa perusahaan hosting untuk tiap website yang berbeda.
  • Jika mau membuat bisnis ke-2, ke-3 atau seterusnya coba jenis usaha yang berbeda. Jika anda sudah bisnis online makanan cobalah bisnis onlie jualan baju. Jika salah satu pasar menjadi lesu, masih ada usaha anda yang lain dengan pasar yang berbeda.

Itu beberapa contoh penerapannya. Semoga anda paham maksudnya.


10. PRESISTEN, KONSISTEN TAPI MASUK AKAL!

Semua dari kita mau bisnis online yang dimulai cepat berkembang menjadi bisnis yang SOLID dan MENGHASILKAN.

Ketika mulai tentu tidak ada keinginan untuk GAGAL bukan.

TAPI, kemungkinan bagi usaha online kita untuk tidak berkembang itu ADA!

Nah jika anda sudah memulai bisnis online anda dengan cara yang benar, namun bisnis ini tidak kunjung berkembang apa yang harus dilakukan?

Bersikaplah MASUK AKAL. Pebisinis yang handal adalah mereka yang tau KAPAN HARUS BERHENTI.

Ya, menghentikan bisnis online anda bisa jadi pilihan terbaik. Jika terus dipaksakan maka anda akan kehilangan banyak waktu, uang, tenaga, dan emosi.

Ketika anda menghentikan usaha anda bukan berarti anda BERHENTI BERBISNIS. Anda bisa terus berbisnis dengan mencoba jenis bisnis online lainnya.

Nah apa tanda-tandanya jika anda mungkin harus menghentikan bisnis online anda:

  • Jika semua langkah sudah dilakukan dengan maksimal tapi hasilnya sangat jauh dari harapan.
  • Jika waktu sudah berjalan cukup lama, bahkan bertahun-tahun tapi belum ada pemasukan sama sekali. Bahkan anda harus keluar uang terus agar bisnis itu berjalan.
  • Jika bisnis sudah berjalan cukup lama tapi profitnya sangat minim. Bahkan pemasukan dan pengeleluaran bisnis nilainya SAMA.
  • Jika bisnis ini memakan terlalu banyak energi anda namun pemasukan tidak seberapa.

Itu beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan. Anda yang paling tau kapan usaha anda harus dihentikan.


Kesimpulan Cara Memulai Bisnis Online

Saya sudah jelaskan 10 langkah dasar untuk memulai usaha online anda.

Apakah sudah lengkap? Saya yakin belum. Selalu ada saran-saran lain yang bisa anda terapkan agar usaha anda cepat maju.

Dari pengalaman pribadi saya, dengan menjalankan ke-10 langkah diatas maka besar kemungkinan bisnis online kita berhasil.

Tentu ada faktor-faktor diluar kendali kita yang juga bisa menghambat. Tapi bukankan semua hal begitu.


BUKIT Penghasilan saya yang hampir mencapai Rp 1 Milyar!

Nah supaya gak dibilang OMDO saya mau kasi lihat penghasilan salah satu bisnis online saya, yaitu Blog dan Google Adsense.

Jumlah profit total yang telah saya terima adalah sebagai berikut:

Profit Google Adsense : $75.978

Catatan: Ini bukan penghasilan saya perbulan ya guys. Tapi sejak Februari tahun 2015 sampai April 2019. Sekitar 5 tahun.

Dengan kurs rupiah yang naik turun maka kisaran penghasilan saya rata-rata adalah sekitar Rp 15.000.000/bulan selama 5 tahun.

Bagi beberapa dari anda mungkin merasa nila ini kecil. Ya gak masalah, sah-sah saja kok hehe.

Tapi ini hanya salah satu bisnis online saya. Dan saya hanya menghabiskan sekitar 3-4 jam per minggu untuk mengurus 2 blog ini. Jadi buat saya ya lumayanlah hehe.


Semoga artikel ini bermanfaat ya guys. Jika ada pertanyaan silakan tulis dikolom komentar. Saya akan bantu jawab sebisanya.

Salam,

 

admin

Check Also

Apakah Bisnis Dropship Menjanjikan?

Seberapa Menjanjikan Bisnis Dropship Ini? Yuk, Cari Tahu Jawabannya! Bisnis saat ini menjadi suatu hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published.